Opini tentang Evaluasi Pemberlakuan Kurikulum 2013


Evaluasi terhadap pemberlakuan kurikulum 2013, memberikan dampak yang cukup menggemparkan. Lantaran, tidak sedikit dari kalangan guru yang mengiangkan banyak protesan. Pasalnya, yang awalnya pemerintah sudah menetapkan kurikulum 2013, tiba-tiba saja terjadi sebuah perubahan atau semacam perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah.

Entah mengapa hal ini terjadi begitu saja, mungkin di mata para guru, kurikulum 2013 ini sudah dirasa nyaman dan memberikan dampak positif bagi sebagian serta para peserta didiknya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak pula sebagian guru lainnya menuai protes atas pemberlakuan kurikulum 2013 ini. Banyak sekali dampak positif yang dapat diambil dari kurikulum ini, di antaranya para peserta didik jadi lebih mandiri dan melakukan setiap kegiatan belajarnya dengan aktif serta mampu memberikan efek produktif bagi mereka. Tak jarang jua, ada bisikan sana-sini dar sebagian kalangan para peserta didik yang tidak setuju dengan pemberlakuan sistem kurikulum 2013 ini. Mungkin, karena mereka sudah telanjur nyaman dengan kurikulum yang diberlakukan sebelumnya.

Lepas dari peserta didik, para gurupun hampir sama dengan mereka atas pendapatnya. Jika pemerintah memang benar-benar ingin merubah dunia pendidikan di Indonesia dengan baik, maka seharusnya mereka serius dan tidak memberikan layaknya harapan palsu yang justru hanya membingungkan bahkan sampai menyusahkan para pendidik atau guru. Kasihan juga apabila para pendidik dan peserta didik merasa terbebani, yang seharusnya mereka sangat antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan belajar mengajar dengan baik, justru malah membuat mereka lelah ataupun malas.

Sistem kerja pemerintah selama ini seharusnya mampu mengemban amanahnya dengan baik, meskipun tak mudah. Sudah selayaknya mereka membuat masyrakatnya menjadi lebih percaya akan kinerjanya, bukan hanya isapan jempol belaka. Meski para pendidik dan peserta didik tidak terjun langsung dalam urusan pemerintahan kaitannya dengan pendidikan, namun mereka juga berhak mendapatkan keadilan dan kenyamanan dalam melakukan kegiatannya, bukan hanya dari segi materi saja.

Apabila pemerintah ingin melakukan sebuah penetapan, sudah semestinya mereka harus memikirkan dampak untuk ke depannya. Tidak hanya sekedar langsung mengeluarkan begitu saja, tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Sebuah kurikulum 2013 cukup memberikan efek yang lumayan signifikan bagi dunia pendidikan. Namun, apabila secara tiba-tiba diberlakukan perbaikan atau evaluasi, maka mungkin saja akan menimbulkan suatu kekecewaan tersendiri. Para pendidik dan peserta didik tentunya ingin agar lebih fokus dalam melakukan kegiatan pendidikannya. Mereka hanya ingin sistem pembelajaranya mampu memberikan manfaat positif serta makna yang begitu dalam mengenai pendidikan ini.

Maka dari itu sudah seharusya pemerintahan kita ini mengadakan sebuah rancagan atau perubahan yang benar-benar akan menuai hasil yang tidak hanya memuaskan sebagian pihak saja, namun yang lainnya merasa dirugikan. Semoga jika terdapat kembali sebuah pengajuan atau pengadaan terhadap kurikulum, tidak sampai mengecewakan lagi bagi kalangan semua pihak.

Komentar