Opini "prospek jurusan Pendidikan Agama Islam"



Jurusan Pendidikan Agama Islam, tidak hanya sekedar menempa ilmu dunia saja, melainkan juga ilmu akhirat. Kita dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan baik dari segi lingkungan maupun agama. Dari segi lingkungan, kita dapat bermanfaat bagi orang lain, dari segi agama, dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, serta dengan Allah sang Pencipta alam semesta. Menuntut ilmu agama, ilmu yang syari dunia dan akhirat. Pendidikan Agama Islam juga mampu memberikan potensi yang tinggi dalam menjalani sebuah kehidupan yang fana ini. Begitu luasnya, ruang lingkup Pendidikan Agama Islam, sungguh tiadalah berbatas. Dunia dapat, akhiratpun juga dapat. Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki keistimewaan tersendiri. Namun juga memiliki tanggung jawab yang amat besar di dalamnya.
            Semua dilakukan semata-mata hanya untuk menggapai ridho-Nya, tiada hal lain selain itu. Jika dilaksanakan dengan hati yang ikhlas dan penuh dengan kesabaran, maka hasilnya tiada muncul suatu kesia-siaan apalagi keluhan yang tak semestinya ditunjukkan kepada Allah yang senantiasa melimpahkan begitu banyak anugerah, namun amat jarang kita sadari. Pendidikan Agama Islam menjamin para mahasiswanya berakhlaqul karimah, juga berilmu syari. Meski tidak sepenuhnya, namun jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, maka tidaklah merugikan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Diharapkan juga mampu mendidik para pesertanya untuk menjadi manusia yang tawadhu’, qona’ah serta tidak sombong dalam melakukan segala hal tindakannya. Meskipun mungkin banyak yang menganggap remeh jurusan ini, banyak yang merendahkannya. Naumn, sejatinya semua penilaian yang dipandang itu tiada gunanya di mata Allah. Allahlah yang memilki hak sepenuhnya atas semua penilaian tersebut. Anggap saja dijadikan sebagai ibroh kehidupan, cahaya perubahan menuju ketangguhan dalam menjalani hidup. Allah Maha Tahu mana yang terbaik bagi hamba-Nya yang senantiasa sabar dan ikhlas. Dengan Pendidikan Agama Islam ini, diharapkan juga mampu memberikan inovasi yang benar-benar tertuju pada setiap individu para mahasiswanya, tidak membandingkan-bandingkan antara satu dengan yang lainnya. Semuanya disamakan, tidak diukur dari penampilan, kemapanan, semuanya berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan sebaik-baiknya. Pendidikan Agama Islam ini, juga memiliki hikmah tersendiri, mengajarkan juga akan arti kehidupan, bahwa hidup tidak hanya melihat ke bawah saja, melainkan juga pada bagian atas kehidupan. Agar tidak merasa sombong akan titipan yang diberikan oleh-Nya, tidak riya atau bahkan sampai kufur nikmat.
            Semoga, dengan adanya Pendidikan Agama Islam ini, mampu memberikan arahan tentang bagaimana menyikapi suatu ilmu dunia dan juga akhirat. Semuanya dapat seimbang, dari segi apapun itu. Tidak hanya memandang dunianya saja, melainkan juga dengan akhirat. Agar mereka senantiasa mengingat akan sang Pencipta Allah Ta’ala. Ilmunya tak menjadi sia-sia, siap menjadi kader dakwah sejati, amar ma’ruf nahi munkar serta fastabiqul khairat tanpa sifat riya. Siap juga dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan fitnah, godaan syaithan laknatullah. Tak gentar menghadapi ujian serta cobaan yang siap-siap menerpa, badai dilewati dengan penuh kesabaran hati, ikhlas menjalani, saling berbagi antar sesama, tiada kata munafik ataupun dusta, semata-mata dilakukan hanya untuk Allah dan Rasul-Nya. Semoga tercerah dan terbuka setiap mata hati kita, agar tak salah memilih dalam melewati pilihan demi pilihan yang justru mampu menipu atau bahkan sampai membinasakan.

Komentar